Bagi kaliam yang ingin ikut bergabung sebagai writer blog ini, silahkan kontak saya di -> Email : riskimanta1206@gmail.com Line: riskimantas

Senin, 29 Mei 2017

Cara Menghitung IP (Indeks Prestasi) dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)


Sekedar Sharing
Sekedar sharing aja, awalnya saya amat khawatir dengan IP saya pada semester ini. Akhirnya saya menghitung perkiraan IP. Tapi saya bingung bagaimana caranya. Akhirnya saya menemukan solusinya.
Ukuran standar yang digunakan disini adalah skala 4.

IP (Indeks Kumulatif)

  1. Tentukan nilai berdasarkan abjad. Biasanya kampus pada umumnya menggunakan nilai seperti yang dibawah ini.
  2. Tentukan bobot SKS tiap mata kuliahnya.
  3. Kalikan nilai yang didapat dari poin 1 dengan bobot SKS.
  4. Bagikan jumlah hasil dari poin 3 dengan jumlah bobot SKS. Dan hasil yang didapat merupakan IP yang didapat.

IPK (Indeks Pretasi Kumulatif)

  1. Kumpulkan nilai IP semester 1 sampai semester terakhir.
  2. Jumlahkan semua nilai IP semester tersebut.
  3. Bagikan jumlah tadi dengan banyak semester.Dan hasil yang didapatkan merupakan IP yang anda dapatkan